Minggu, 13 November 2011

(GoVlog) Keterkucilan Mempercepat Kematian Pengidap HIV/AIDS


Saat memasuki masa remaja, otak disusun ulang untuk mempersiapkan kedewasaan. Banyak hormon yang terlibat dan menunjukan sindrom yang berbeda pada cewek dan cowok. Pada cewek, aktifnya estrogen dan progesterone memicu sensitifitas sampai kadar tertentu dalam siklus bulananya. Pada cowok, testosterone dan vasopressin juga menimbulkan sindrom yang khas.

            Cewek menjadi lebih terobsesi akan penampilan. Mementingkan penerimaan sosial dan tidak menoleransi penolakan. Hal utama dalam hidup mereka adalah tetap terhubung dengan orang di sekitar. Jika terjadi pemutusan kontak sosial. Atau setidaknya ancaman saja sudah cukup untuk membuat mereka stres. Angka morbiditas (kesakitan) wanita terhitung lebih tinggi dibandingkan pria. Ini karena, selama hidupnya wanita cenderung lebih banyak stres ketimbang pria.

            Saat memasuki masa remaja, cowok juga cenderung ingin mencari pengakuan sosial. Ia ingin mendapatkan kedudukan yang lebih tinggi di antara anak laki-laki lainya. Mereka melakukan jauh lebih banyak permainan menang-kalah dibandingkan perempuan. Menjadi yang terbawah adalah awal dari keterkucilan. Jadi, saat seorang cowok merasa dirinya lebih rendah dari teman sebaya. Sirkuit-sirkuit stres akan mengambil alih otaknya. Cowok terkenal kurang pandai menangani stres.

            Terkadang, AIDS tidak diketahui sampai seseorang mengalami penyakit tertentu. Sehingga cairan tubuhnya dites. Gejala AIDS antara lain: Demam, berkeringat (terutama pada malam hari), pembengkakan kelenjar, kedinginan, merasa lemah, serta penurunan berat badan. Sindrom ini disebabkan menyusutnya sel T CD4+  (sel kekebalan tubuh) hingga kurang dari 200 per mikro liter darah.

            Infeksi HIV hingga menjadi AIDS berlangsung selama sembilan sampai sepuluh tahun. Anak-anak yang terlahir dari orang tua pengidap HIV/AIDS mungkin akan terlihat tumbuh sehat. Namun, pada umur tertentu gejala itu pasti akan datang. Setelah terjangkit AIDS rata-rata waktu hidup pengidapnya hanya 9,2 bulan. Namun, laju perkembangan penyakit ini pada tiap orang amat bervariasi. Yaitu, dari dua minggu sampai dua puluh tahun. Tergantung seberapa kuat kekebalan tubuh yang dimiliki.

            Mungkin, yang paling pertama merasakan gejala HIV adalah orang tuanya (bagi yang tertular melalui orang tua). Lalu, setelah orang di sekitarnya tahu, stigma akan muncul. Bisa jadi saat ia mengetahui ini, gejala AIDS belum nampak. Tapi, penolakan dan penurunan status sosial membuat mereka merasa stres. Cewek akan dijauhi teman sebayanya dan cowok akan dianggap lebih rendah karena tidak normal. Semua pemicu stres ini akan menurunkan daya tahan tubuh mereka.

            Maka, secara tidak langsung orang yang mengucilkanyalah yang mempercepat kematian. Saat menginjak umur 14-15 tahun cowok memasuki masa puber. Membuat mereka tertutup dengan orang tua dan cenderung lebih terbuka pada teman. Lalu, jika cowok tidak punya teman, apa yang akan terjadi? Tentu saja ia akan merasa hidupnya tidak berarti. Begitu juga dengan cewek yang mengalami pemutusan ikatan sosial.

            Peran teman sebaya amatlah penting untuk menyemangati. Serta, keterbukaan pada orang terdekat juga memperbesar kemungkinan untuk mendapatkan perawatan medis. Karena, begitu mereka mendapatkan perawatan Antiretrovirus. Angka kesakitan akan menurun drastis. Sehingga, mereka akan terlihat tidak jauh berbeda dengan orang normal.
           
Bandar Lampung - Lampung





9 komentar:

  1. Bagaimana dengan hubungan sosial melalui media online, karena dengan cara seperti itu mereka tidak berdekatan secara fisik tetapi tetap merasa memiiki seorang sahabat yang bisa diajak berbagi, saya berharap media online bisa menjadi alternatif agar penderita OHDA tetap merasa memiliki seseorang untuk diajak berbagi.

    Salam Kenal
    www.ftw1974.blogspot.com

    BalasHapus
  2. saya setuju dgn pendapat dan usulan Dewa :)...kalau memang masih ada yg merasa takut jika berinteraksi lgsg dgn penderita HIV,bisa melalui media online :)

    nice post kawand,,,semoga lolos :)

    BalasHapus
  3. Salam kenal,

    Sesama peserta GoVlog yah

    nice post
    :D

    kunjungi balik yah. :)

    BalasHapus
  4. Kami dari Admin GoVlog, perlu meminta data diri Anda yang mengikuti GoVlog AIDS. Data diri ini kami pergunakan untuk pemberitahuan jika Anda terpilih menjadi 10 besar.

    Nama Lengkap:
    Jenis Kelamin:
    No tlp/HP (yang bisa dihubungi):
    Email:
    Yahoo Messenger:
    Alamat lengkap:
    Pekerjaan:

    Mohon data diri Anda dikirim ke email tommy.adi@vivanews.com

    Terimakasih

    BalasHapus
  5. @Dewa pada kenyataanya ad kok manusia yg bisa hidup sendirian tanpa siapa pun. Tapi, begitu rutinintasnya berubah maka kejiwaanya kacau. Karena memang otak manusia tercipta utk bersosialisasi.

    Well, dunia on line mang menjanjikan pengakuan besar dari org lain. Tapi, dari pengakuan org yg pernah hidupnya bergantung pada jejaring pertemanan. Dia merasa kurang bisa dihargai di dunia nyata maka ny pergi ke internet.

    mang ad kok kepribadian yg kuat ama isolasi. namun, saran saya mendingan kita kawanin aj ODHA soalnya yg menular kan cairan mukosanya bukan sentuhan biasa doang. :D

    BalasHapus
  6. @Ca Ya @Rendi Makasih gan.. ^^

    BalasHapus
  7. Situs Agen Ratucapsa adalah Qiu Qiu Online Terbesar DiIndonesia Dengan Permainan Dominoqq. Bandarq, qiu qiu online dengan layanan terbaik & cepat di Indonesia Online

    bergabung bersama kami di Situs Agen Ratucapsa
    - Menyediakan Bonus Refferal 10% Seumur Hidup
    - Bonus Turn Over 0,5%
    - Minimal Depo Rp.25.000,-
    - Minimal Withdraw Rp.25.000,-
    - CUKUP 1 ID UNTUK BERMAIN 8 GAME
    - 100% No admin dan No robot
    - 100% Player VS Player
    - Proses Deposit dan Withdraw Tercepat.
    - Bisa deposit dan WD via PULSA
    - Kasih tips menang banyak
    SELANJUTNYA....

    BalasHapus
  8. JAGUARQQ SITUS DOMINO99 POKER ONLINE DAN BANDARQ ONLINE

    * Dengan Minimal Deposit : Rp 15.000,-
    * Bisa deposit via pulsa XL dan Telkomsel
    * Minimal DP Via Pulsa 15.000 ( Tanpa Potongan )

    * Tersedia 9 Game Dalam 1 User ID
    + BANDARQ
    + ADUQ
    + SAKONG
    + DOMINO99
    + BANDAR66
    + POKER
    + BANDAR POKER
    + CAPSA SUSUN
    + PERANG BACCARAT

    * Bonus Rollingan 0,5% Setiap minggu
    * Bonus Referal 20% Seumur hidup

    - Kontak Kami -
    WA : +855964608606
    TELEGRAM : +855964608606
    LINE : csjaguarqq
    Website : JaguarQQ
    Klik Disini : BandarQ Online

    Kunjungi Juga BlogSpot Kami :

    JaguarQQ
    Kemenangan JaguarQQ
    Berita Gosip 
    Cerita Seks
    Sahabat Wisata

    BalasHapus