Senin, 30 Juli 2012

[Viva.Co.Id] Plus Minus Wajah Baru Vivanews


Sebelumnya saya ucapkan selamat untuk tampilan baru vivanews. Juga perlu diapresiasi usaha vivanews untuk menggunakan domain dalam negeri. Vivanews menurut saya adalah portal berita terbaik yang memfasilitasi kami para blogger untuk berkembang. Tadinya sulit untuk memetakan blogosphere di Indonesia. Tapi, berkat adanya Vlog kami dapat saling mengunjungi blog lain baik yang punya tema sama, maupun berbeda. Tanpa harus bolak-balik ketik di google.
            Berita vivanews juga menurut saya sekarang sudah lebih detail. Ditambah dengan bahasa yang lugas sehingga membuat pembaca lebih mudah menangkap isi berita. Tapi, kali ini saya tidak akan mengomentari konten vivanews. Saya akan membahas apa saja plus minus wajah baru vivanews. Berikut, uraianya:

           
Plus (+)
  • ·        Selaku pengguna teknologi mobile, harus diakui bahwa Viva.co.id jauh lebih ringan diakses.

  • ·        Desain tiap kanal yang dulu hampir semuanya bercorak merah. Kini makin beragam dan terlihat jauh lebih segar dengan tampilan warna lembut.

  • ·        Navigasi yang jauh lebih simpel dengan adanya kategori yang menjulur ke bawah saat pointer diarahkan ke suatu kanal (i. e news & blog).

  • ·        Desain interaktif Vlog membuat kanal ini lebih seperti situs tersendiri. Berbeda dengan Vivanews terdahulu yang membuat Vlog hanya seperti gambar preview yang berderet ke bawah. Keseriusan Vivanews juga terlihat dari pengklasifikasian tiap artikel.

  • ·        Navigasi yang paling saya suka adalah Jelajah Portal Viva. Karena sekarang tidak perlu lagi susah payah kembali ke beranda untuk menelusuri laman lainya. Dengan adanya navigasi ini tiap kanal Vivanews jadi terlihat lebih terintegrasi.

  • ·        Sesuai dengan namanya, Vivalife memang terlihat jauh lebih hidup dengan desainya yang mirip majalah.

  • ·        Warna Biru pada latar Vivaforum menciptakan kesan santai dan intelek.


Minus (-)
  • ·        Dibandingkan dengan yang lama, ilustrasi berita utama Viva.co.id terlalu besar sehingga terkesan memenuhi ruang. Desain lawas Vivanews yang membagi dua antara gambar dan suatu kotak teks keterangan adalah tata letak terbaik.

  • ·        Kotak tampilan video yang gigantis terlihat berjejalan dan terlalu menyita ruang.
·      
  •   Dominasi warna putih Viva.co.id memberi kesan kosong, pucat, dan kurang bersahabat.

  • ·        Kotak “Search” yang menggantung berwarna merah sendiri di pojok kanan atas membuat beranda makin terlihat aneh.

  • ·        Tiap headlines—seperti dunia, metro, dan politik—yang diwakili preview menimbulkan kesan kumuh dan sesak pada tampilan Vivanews. Saya lebih suka tampilan headlines lama yang hanya diwakili judul saja.

  • ·        Vivasocio yang sekarang berupa kotak bertautan, kurang mencerminkan semangat social media. Desain lama Vivasocio berupa timeline yang tampil di beranda jauh lebih baik.

  • ·        Penempatan kotak keterangan berita utama yang kurang lazim di sudut kiri bawah gambar. Membuat antara ilustrasi dan keteranganya terlihat jauh terpisah.

  • ·        Hilangnya warna merah yang jadi ciri khas Vivanews membuat tampilan beranda agak asing.

  • ·        Ilustrasi berita utama yang tidak ikut berubah sesuai dengan judul berita yang ditunjuk pointer memberi kesan kurang dinamis.

  • ·        Halaman baru yang terbuka di tab yang sama saat mengklik suatu headline/berita di beranda mengurangi kenyamanan dalam membaca berita.


Saran
            Perubahan desain Vivanews—yang didominasi warna putih—mungkin bertujuan untuk menciptakan citra bersih dan lugas. Sejalan dengan itu, ada beberapa masukan yang mungkin bisa berguna ke depanya.

1.     Gambar besar yang jadi ilustrasi berita akan lebih terlihat dinamis bila berbentuk slide—yang terdiri dari beberapa foto. Ini pasti akan lebih menarik bagi orang-orang visual seperti saya.

2.     Kotak video agak lebih manis bila ditempatkan di sidebar. Tidak perlu besar, cukup seperti gambar preview yang bila diklik langsung menuju kanal video.

3.     Sediakan preferensi kualitas gambar untuk menyesuaikan dengan kecepatan internet masing-masing pengunjung.

4.     Latar belakang Vivanews sebaiknya tidak benar-benar putih terang. Tapi, lebih ke warna abu-abu atau pastel.

5.     Warna merah pada beranda Vivanews lama memberi kesan tegas, berani, dan memimpin. Ada baiknya ciri khas itu tidak dihilangkan.


Kesimpulan
            Desain baru Vivanews memiliki kelebihan mencolok pada navigasi, tampilan tiap kanal, dan kecepatan aksesnya. Tapi, terdapat kekurangan pada proporsi gambar dan tata letak beranda.




2 komentar:

  1. menurut saya untuk no 4 warna dasar sebaiknya tetap putih dengan tujuan enak di baca, sama halnya dengan kita baca buku atau majalah yang enak ke ,mata adalah warna putih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalahnya antara latar belakang dan bar body dari headline website ini menyatu gan. Juga kalo buku kan marginya tidak terlalu lebar. Tapi viva.co.id ini jika iklanya diclose akan terlihat bagian tepi kanan-kirinya yg amat lebar

      Hapus